Kepala MIN 3 Bandar Lampung Membuka Kegiatan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021-2022
Pelaksanaan UAMBK 2022

By Havizi 18 Apr 2022, 10:40:13 WIB Pendidikan
Kepala MIN 3 Bandar Lampung Membuka Kegiatan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021-2022

Gambar : Pelaksanaan UAMBK


Bandar Lampung, MIN 3 (Humas) – MIN 3 Bandar Lampung mulai mengalihkan penyelenggaraan Ujian Madrasah bagi kelas 6 Tahun Pelajaran 2021/ 2022 dari PBT (Paper-Based Test) menjadi CBT (Computer-Based Test). CBT di MIN 3 Bandar Lampung kali ini menggunakan perangkat yang disediakan oleh sekolah.

Keunggulan penggunaan CBT ini yaitu mudah dan ramah lingkungan. Dengan menggunakan tes berbasis komputer, instansi pendidikan bisa mengurangi penggunaan kertas dan alat tulis yang nantinya juga berpengaruh pada keramahan lingkungan.

Hal ini relevan dengan visi dan misi program MIN 3 Bandar Lampung yaitu Islami, Populis, Berkarakter dengan mengedepankan upaya pendekatan teknologi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Sehingga diharapkan siswa-siswi MIN 3 Bandar Lampung tidak lagi gagap dengan perkembangan jaman yang kian cepat.

Dimulai hari ini, siswa kelas 6 MIN 3 Bandar Lampung melaksanakan Ujian Madrasah. Pelaksanaan Ujian Madrasah ini sendiri berlangsung pada sabtu 16 April 2022 hingga sabtu 23 April 2022 di mulai pukul 08.00-09.30 WIB dan dilanjutkan pukul 10.00-11.30 WIB.

Koordinator Kurikulum MIN 3 Bandar Lampung, Fitri Ayu Fidyaningsih mengatakan, banyak keunggulan menggunakan tes bebasis IT. Di antaranya yaitu mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, menghemat waktu dan tenaga guru dalam proses persiapan dan sesudah ujian dan penilaian, memudahkan siswa saat mengerjakan ujian, dan menjaga kelestarian bumi. Selain itu hasil ujian menjadi lebih cepat dan akurat.

Sebelum pelaksanaan tes semua siswa dikumpulkan dan diberikan pengarahan untuk dapat mengerjakan soal di dalam aplikasi dengan benar,” ungkap Ayu, begitu ia kerap disapa ketika diwawancara Sabtu (16/4/2022). Ayu menambahkan, untuk mengatasi beberapa kendala saat tes, kita (panitia) telah menyiapkan Google Form sebagai alternative jika server down.

Siswa kelas 6 Sakinah mengungkapkan perasaan senangnya dengan sistem Computer Based Test, karena lebih praktis dan tidak lagi diperlukan perlengkapan alat tulis seperti pengahapus, tipe-ex, pensil dan lain-lain. – dion.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment